Selasa, 01 Maret 2011

5 Cara Mengolah Makanan untuk Jantung Sehat

Menjaga kesehatan jantung amatlah penting. Selain rajin berolahraga, Anda juga harus cermat dalam memilih makanan juga berhati-hati dalam mengolah makanan.

Memperhatikan lima hal sederhana di bawah ini bisa membuat jantung lebih sehat. Simak tipsnya, seperti dikutip dari Womansday:

  1. Makanan yang ditumis lebih sehat dari yang digoreng. Karena menumis hanya menggunakan sedikit minyak, serta bisa menjaga kandungan nutrisi lebih banyak saat dimasak. Tumis makanan Anda di atas wajan anti lengket yang ramah lingkungan, karena bisa mengurangi penggunaan minyak dibandingkan dengan wajan tanpa pelapis anti lengket.
  2. Saat memasak dengan minyak, pilih minyak zaitun atau canola. Kedua jenis minyak ini tinggi kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi jantung.
  3. Pilih protein yang mengandung sedikit lemak, seperti ikan dan dada ayam. Boleh saja mengonsumsi daging, tapi iris atau hilangkan dulu bagian yang berlemak sebelum memasaknya.
  4. Gunakan bumbu-bumbu segar seperti tumisan bawang putih, bawang bombay atau cabai. Hindari pemakaian bumbu instan dan penyedap rasa buatan.
  5. Hindari makanan yang mengandung sodium tinggi yang biasanya berasal dari makanan kemasan dan makanan di restoran. Jika ingin beli makanan dalam kemasan, pilih yang bebas dari lemak trans, atau biasa tertulis 'hydrogenated'. Namun bagaimanapun juga, makanan yang dibuat sendiri dari bahan-bahan segar akan lebih sehat dan bermanfaat bagi tubuh.
Sumber:

1 komentar: